Training Big Data Fundamental
INTRODUCTION
Pertumbuhan jumlah data terus bertambah seiring dengan laju pertumbuhan pengguna perangkat digital. Salah satu pemicu pertambahan jumlah data tersebut antara lain bertumbuhnya perangkat mobile serta meningkatnya jumlah pengguna social media. Sejatinya, Big Data didefinisikan sebagai kumpulan data yang memiliki karakteristik jumlah yang sangat besar (volume), kecepatan (velocity), dan keragaman (variety), sehingga membutuhkan kemampuan untuk menangkap, memproses, menyimpan, mengelola, serta menganalisis data tersebut. Pada era disrupsi seperti sekarang, pemanfaatan big data menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan. Mengapa? Ada banyak benefit yang dipetik perusahaan jika memanfaatkan big data (merujuk data Bain and Company). Pertama, perusahaan yang menggunakan big data akan dua kali lebih baik dalam kinerja finansial. Kedua, perusahaan pun akan lima kali lebih cepat dalam mengambil keputusan bisnis. Ketiga, perusahaan yang menggunakan big data akan tiga kali lebih berhasil dalam eksekusi keputusan sesuai keinginan.Lantas, apa kata para eksekutif terkait big data? 45% eksekutif mengatakan bahwa analisis dan pengaplikasian data menjadi tantangan terbesar. Adapun 83% eksekutif mempertimbangkan penggunaan data real time. Menariknya, 68% ekesekutif pemasaran berencana meningkatkan belanja untuk data. Selanjutnya, 56% eksekutif akan merekrut tenaga kerja baru untuk posisi-posisi terkait data. Saat ini, perusahaan-perusahaan yang masuk kategori data driven company tercatat sebagai perusahaan yang most valuable sekaligus yang memiliki kapitalisasi pasar. Sebut saja, Apple, Microsoft, Amazon, Facebook, dan sebagainya. Lalu bagaimana dengan perusahaan anda? Akankah anda menjawab tantangan era disrupsi dan merengkuh kecepatan perubahan? Atau justru anda luruh dalam persaingan.
PROGRAM OBJECTIVES
- Definisi umum big data dan implikasinya
- Karakteristik utama dari big data dan mengapa ukuran tidak termasuk dalam lima besar
- Struktur yang dapat ditemukan dalam data “tidak terstruktur”
- Jenis sumber big data — streaming data, data sosial, data sensor, dll.
- Peluang nilai dan aplikasi umum untuk big data
- Pertimbangan ketika mengadaptasi arsitektur, organisasi, dan budaya untuk menggabungkan big data
- Ruang lingkup proses big data, alat, dan teknologi
WHO SHOULD ATTEND?
- Pemahaman Big Data ini ideal untuk anda yang ada didalam departemen Informasi dan Teknologi di organisasi anda. Termasuk Manajer, Programmer, IT Architect dan administrator.
- Sedemikian halnya untuk Business and data analysts; BI and analytics program and project managers; BI and data warehouse architects, designers, and developers serta para pengambil keputusan dalam organisasi juga bisa membangun informasi dan pengetahuan mengenai Big Data dengan training ini untuk membuat keputusan-keputusan besar di kemudian hari.
- Setiap peserta sangat kami sarankan membawa laptop sendiri
PROGRAM OUTLINE
Big Data Basics
- What Is Big Data?
- Why Big Data Analytics – Extending Advanced Analytics Capabilities
- Big Data Use Cases
- Why Big Data Now? – The Driving Forces
- Kinds of Big Data – Data Variety
- Sources of Big Data
- Working with Big Data – The Big Picture
Big Data Processes
- Business Case
- Technical Case – Big Data Rationale
- Data Sourcing – Getting Big Data
- Data Preparation and Storage
- Big Data Analytics
Big Data Architecture
- The Role of Architecture
- Data Architecture
- Process Architecture
- Analytics Architecture
- Technology Architecture
- Big Data and Architecture – Summary
Big Data Technology
- The Technology Landscape – Overview
- Infrastructure
- Analytics – Data Analysis
- Data Sources – Big Data Providers
- The Core Technologies
Getting Started with Big Data
- Readiness Assessment – Check Your Position
- Planning and Preparation – Charting the Course
- Execution – Navigating the Course
- Post-Project Activities – At the Destination
- Best Practices – Lessons Learned
- Mistakes to Avoid – More Lessons Learned