Training Manajemen Keuangan dan Pemasaran Rumah Sakit
INTRODUCTION
Pelatihan Manajemen Keuangan Dan Pemasaran Rumah Sakit adalah merupakan suatu topik yang harus diikuti oleh manajemen yang mengelola keuangan rumah sakit guna menambah kemampuan dan pemahaman dalam mengelola keuangan serta tanggap terhadap strategi pemasaran guna mengembangkan jasa pelayanan kesehatan rumah sakit. Instansi rumah sakit adalah salah satu institusi pelayanan kepada masayarakat yang memiliki sifat padat modal, padat SDM dan padat teknologi yang mempunyai banyak unit bisnis strategis. Dengan strategi pengelolaan keuangan dan pemasaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman dalam mengelola keuangan rumah sakit secara baik dan benar serta terarah sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.
PROGRAM OBJECTIVES
- Bagaimana merencanakan sebuah operasi di dalam manajemen rumah sakit
- Bagaimana membuat perencanaan Kas di dalam manajemen rumah sakit
- Bagaimana menyusun pembuatan rencana modal di dalam manajemen rumah sakit
PROGRAM OUTLINE
1. Perencanaan Operasi
- Perencanaan pendapatan
- Perencanaan beban operasi
- Perencanaan laba rugi
2. Perencanaan Kas
- Perencanaan penerimaan
- Perencanaan pengeluaran
- Perencanaan pendanaan
3. Perencanaan Modal
- Penentuan pembiayaan produk
- Penentuan alternatif pembiayaan
- Penentuan suku bunga modal
4. Perencanaan dan Pengembangan Program Pemasaran
- Nilai pemasaran (Brand, Process, dan Service)
- Marketing Mix Rumah Sakit
- Strategi Pemasaran Rumah Sakit
- Strategi Komunikasi Pemasaran dan Humas Rumah sakit
- Penyusunan & Pengembangan Program pemasaran untuk meningkatkan citra lembaga dan perusahaan.