Marketing Public Relations
INTRODUCTION
Semakin beragam dan banyaknya media komunikasi saat ini, membuat para pemasar harus menjalankan strategi yang lebih efisien namun efektif. Padahal konsumen sendiri menuntut yang personal dan experiential. Marketing Public Relations (MPR) adalah strategi yang bisa membuat kegiatan pemasaran bisa berjalan dengan lebih efisien tapi efektif, karena MPR adalah sebuah proses merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program yang mendorong pembelian dan kepuasan pelanggan melalui komunikasi informasi dan impresi yang kredibel.
Seperti halnya iklan, hubungan masyarakat (public relations) juga menjadi kiat pemasaran penting. Perusahaan tidak hanya harus berhubungan secara konstruktif dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, namun juga harus berhubungan dengan kumpulan kepentingan masyarakat besar sehingga dapat terus mempromosikan dan menjaga citra perusahaan atau produknya. Selain itu MPR juga akan membuat kegiatan ATL (Above The Line) perusahaan lebih bisa berdampak pada penjualan.
PROGRAM OBJECTIVES
- Pelatihan ini akan membuka wawasan sekaligus memperdalam keahlian peserta dalam memahami peran Marketing Public Relations, trend-trend yang muncul dalam dunia Marketing Public Relations dan bagaimana memaksimalkan Marketing Public Relations agar bisa menciptakan awareness, membangun image dan menghasilkan penjualan.
WHO SHOULD ATTEND?
- Staff Sales & Marketing
- Staff PR / Humas
- Divisi atau bidang yang menjalankan fungsi Marketing Public Relations
- Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Marketing Public Relations
PROGRAM OUTLINE
- Pengertian Marketing Public Relations (MPR)
- Fungsi dan tugas MPR
- Perencanaan dan strategi MPR dalam membangun Corporate identity
- Teknik dan strategi publikasi
- Teknik dan strategi event management
- Teknik dan strategi Community Relations
- Teknik dan strategi Social Responsibility
- Teknik dan strategi Customer Relations
- Teknik dan strategi Cyber Marketing Public Relations
- Manajemen krisis Marketing Public Relations
- Individual Project