MARKETING AUDIT
INTRODUCTION
Banyak perusahaan yang menganggap bahwa audit pemasaran (marketing audit) bukanlah sesuatu hal yang penting dan mendesak. Paradigma yang sering muncul adalah audit lebih cocok untuk hal yang bersifat pada pengelolaan keuangan saja namun sesungguhnya semua aspek butuh diaudit agar semuanya dapat berjalan lancar. Paradigma lain yang keliru adalah kebutuhan akan audit seringkali tidak muncul sebelum segala sesuatunya telah berubah menjadi salah. Artinya, sebelum suatu masalah terlihat, maka kebanyakan perusahaan tidak sadar akan pentingnya audit. Ketika tanda -tanda akan terjadinya masalah muncul, seperti terjadi penurunan penjualan, penurunan laba, berkurangnya pangsa pasar, kapasitas produksi yang tidak bisa terpakai maksimal dan lainnya, maka pihak menejemen baru mulai mencoba memperbaiki gejala -gejala yang salah tersebut. Dan sayangnya, ketika proses pembenahan dilakukan saat kondisi sudah sulit maka berbagai tindakan pun akan sulit untuk ditempuh. Dan untuk mengembalikan performa perusahaan, permasalahan harus dengan tepat didefinisikan. Dalam hal inilah, audit merupakan cara yang tepat untuk membantu mendefinisikannya. Secara sederhana, audit adalah suatu pendekatan yang terstruktur untuk mengumpulkan dan menganalisa informasi dan data dalam lingkungan bisnis yang rumit serta merupakan suatu prasyarat penting dalam memecahkan suatu masalah.
PROGRAM OBJECTIVES
- Peserta pelatihan akan memahami teknik mengidentifikasi dan menganalisis internal dan external environment marketing secara macro maupun micro.
- Peserta pelatihan akan mengetahui audit sasaran, policy, metoda, prosedur marketing dengan tepat. Juga mengerti cara memperbaiki dan revisi kegagalan strategi, sasaran, atau metode pemasaran.
- Peserta pelatihan akan mengenal dan mampu melakukan marketing audit process dengan tepat.
WHO SHOULD ATTEND?
- Manajer Sales & Marketing
- Staff Sales & Marketing
- Internal & Eksternal auditor
- Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Marketing Audit
PROGRAM OUTLINE
- Pengantar dan konsep Marketing Audit
- Strategic planning dan strategic marketing.
- Strategi merumuskan corporate objective dan goals yang tepat.
- Strategi merumuskan dan memperoleh competitive advantage.
- Marketing Audit: what, why, characteristic & procedures audit
- Menetapkan dampak dari penerapan Indikator Kinerja Strategis
- Analisis strategi Bauran Pemasaran (marketing mix) untuk Setiap Pasar
- Strategi Prakiraan dan Anggaran marketing yang efektif dan tepat sasaran
- Analisa dan merevisi Rantai Nilai
- emahami Perspektif Kompetensi Inti.
- Marketing audit (framework, komponen dan langkah-langkah)
- Analisis SWOT, analisis BCG, Analisis Porter, dan model lainnya
- Menyusun analisas Masalah, Penyebab, dan Efek dan solusi
- Studi kasus dan diskusi tentang masalah pemasaran: pangsa pasar, biaya, harga, saluran distribusi dan produk.