TRAINING STANDARD OPERATION PROCEDURE (SOP) MARKETING
INTRODUCTION
Dengan semakin meningkatnya persaingan bisnis, maka informasi mengenai pesaing baik dari sisi produk hingga cara memenangkan persaingan bisnis dengan produk – produk sejenis menjadi masukan yang sangat penting bagi manajemen dalam pengambilan keputusan. Agar informasi itu menjadi tepat guna, diperlukan informasi yang telah memuat data, rasio, dan analisis yang dibutuhkan serta mudah dipahami oleh manajemen. Namun tidak jarang informasi dan analisa yang disampaikan ke manajemen sulit dipahami, dan hanya sekedar laporan saja dan tidak sesuai dengan Standar Operational Procedure (SOP) untuk pelaporan eksternal yang telah baku (Bapepam, Pajak, dan lain-lain)..
Oleh karena itulah, dengan tujuan untuk memenuhi kriteria tersebut maka perlu dibangun kemampuan dalam membuat kebijakan SOP agar setiap kegiatan yang dilakukan benar – benar memiliki standar acuan yang jelas dan mudah dipahami kalangan internal atau eksternal. Sehingga elemen yang bertugas untuk menyajikan data dapat secara Komprehensip dan Sistematis sesuai dengan Teknik Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Marketing yang berbasis Sistem Pengendalian Internal.
PROGRAM OBJECTIVES
- Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan kemampuan dalam penyusunan Standard Operation Procedure (SOP) yang terintegrasi dengan kebijakan perusahaan. Sehingga informasi itu akan menjadi panduan yang valid terhadap keputusan manajemen yang akan dieksekusi.
WHO SHOULD ATTEND?
- SOP Manager/Officer/Staff
- Marketing Manager/Sales Manager
- Officer IT yang terlibat dalam penyusunan SOP
- HRD Officer/Manager
- Bagian Riset dan pengembangan.
- Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Standard Operation Procedure (SOP) Marketing
PROGRAM OUTLINE
- Memahami Peran Fungsi Marketing Sebagai Unit Bisnis Dalam Sistem Operasi Perusahaan
- Analisa Fungsi Marketing Sebagai Profit Center Dalam Sistem Pengendalian Internal.
- Analisa Desain Teknis Penyusunan Sop Marketing
- Analisa Sop – Kebijakan Organisasi Marketing Dan Kewenangan Operasinya
• Struktur Organisasi Fungsi Marketing Dan Job Descriptionnya
• Menetapkan Anggaran Marketing
• Analisa Beban Penjualan
• Strategi Pertumbuhan Pemasaran
• Alasan Dilakukannya Penjualan-Pemasaran
• Tanggung Jawab Menentukan Target Pasar
• Kewenangan Penandatangan Kontrak Dan Penentuan Harga Dan Lainnya - Analisa Sop – Kebijakan Yang Berhubungan Dengan Harga Dan Produk
• Analisa Harga Jual
• Pengembangan Strategi Harga
• Analisa Harga Secara Umum - Analisa Sop – Kebijakan Yang Berhubungan Dengan Pelanggan
• Analisa Dan Survei Pelanggan
• Kebijakan Kredit Pelanggan Dan Customer Mapping – Customer Rating – Credit Limit
• Kebijakan Pembinaan Pelanggan - Analisa Sop – Kebijakan Yang Berhubungan Dengan Promosi Dan Distribusi
• Pengangkatan Distributor Dan Agen
• Kontes Penjualan Internal Dan Eksternal
• Pemasaran Jarak Jauh
• Keputusan Promosi - Analisa Sop – Kebijakan Yang Berhubungan Dengan Sumber Daya Manusia Marketing Dan Umum
• Seleksi Karyawan Bagian Penjualan-Pemasaran
• Moral Dan Etika Penjualan
• Pelatihan Armada Penjualan
• Komisi-Bonus-Dan Kompensasi