EFFECTIVE COMMUNICATION SKILLS FOR SALES PROFESSIONALS
INTRODUCTION
Dalam melakukan pekerjaannya, seorang sales yang profesional dituntut harus memiliki keterampilan berkomunikasi yang prima, karena komunikasi adalah alat dalam dunia bisnis yang menduduki hal yang strategis dalam menentukan keberhasilan suatu usaha, tentunya ini merupakan salah satu kunci sukses dalam meningkatkan penjualan.
Aktifitas utama seorang sales adalah bertemu dengan banyak orang dan mempengaruhi mereka sehingga mereka tertarik untuk menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Dan dalam perkembangannya, pada era digital saat ini maka seorang sales juga dituntut aktif didalam kegiatan di dunia maya (internet) sehingga kemampuan komunikasi yang dibutuhkan menjadi berkembang, tidak hanya komunikasi tatap muka namun juga komunikasi berbasis online.
Sayangnya, tidak semua pelaku bisnis memahami pentingnya komunikasi. Sehingga, dalam pergaulan di sektor bisnis, komunikasi tidak dijaga dengan baik. Akibatnya, bisnis seringkali gagal hanya karena terjadi kesalahpahaman.
PROGRAM OBJECTIVES
- Peserta pelatihan mampu memahami strategi berkomunikasi secara efektif dengan klien, pelanggan, atau rekan bisnis, sehingga dapat menjadi sales profesional yang lebih sukses.
- Peserta pelatihan mampu memahami beberapa prinsip, metode, dan trik dalam berkomunikasi, sehingga lawan komunikasi bisa mudah memahami apa yang disampaikan, dan mereka tertarik sesuai dengan tujuan dari komunikasi yang kita lakukan.
- Peserta pelatihan mampu meningkatkan kemampuan empati, memperoleh persetujuan dari klien, menangani komplain dengan elegan, mengembangkan hubungan dengan cepat, dan mendapatkan apa yang anda inginkan dari orang lain untuk meraih kesuksesan.
- Peserta pelatihan mampu mengaktifkan kemampuan komunikasi yang berenergi dengan penuh percaya diri, menggunakan bahasa yang persuasif, mendapatkan perhatian penuh dari lawan bicara, menggali kebutuhan dari klien.
- Peserta pelatihan mampu melakukan aktifitas komunikasi berbasis online dan tulisan, seperti telepon, email dan chat.
WHO SHOULD ATTEND?
- Bagian Sales & Marketing
- Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Komunikasi untuk penjualan
PROGRAM OUTLINE
1. Konsep Dasar Komunikasi
- Memahami komunikasi efektif
- Proses dan hambatan Komunikasi serta Penyebab terjadinya Mis-Komunikasi
- Strategi mengenali gaya komunikasi lawan bicara
- Strategi membangun keakraban secara cepat
- Teknik mendengar
2. Teknik komunikasi berbagai media
- Komunikasi Via Telepon
- Perbedaan komunikasi via Telepon dengan komunikasi langsung
- Teknik komunikasi via telepon
- Membuka komunikasi dengan etika
- Teknik menghadapi penelepon sulit
- Komunikasi Online (Chat & Email)
- Perbedaan komunikasi online dengan komunikasi langsung
- Teknik komunikasi online (Email & Chat)
- Strategi berkomunikasi online (Chat & Email)
- Etika berkomunikasi online (Chat & Email)
- Menghindari kesalahpahamanan dalam komunikasi tulisan
3. Teknik menangani keluhan / komplain pelanggan (Komunikasi langsung, telepon & online)
4. Selling Communication Skills
- Sales Mindset
- Pola pikir yang tepat sebagai Sales
- Target Pribadi vs Target Perusahaan
- Prinsip sales yang professional
- Psychology of Selling
- Mengapa pelanggan tidak mau membeli
- Memahami motivasi orang membeli
- Negotiation Skill
- Unsur-unsur pokok dalam sukses negosiasi
- Prinsip dan teknik negosiasi
- Praktek & implementasi negosiasi
- Teknik Closing